blogcuturk-preeklamsia
Informasi,Kesehatan,Parenting

Apa Itu Preeklamsia yang Terjadi pada Ibu Hamil?

Blog Cuturk – Kehamilan merupakan suatu masa yang sangat berarti namun juga rentan akan segala gangguan yang bisa terjadi. Salah satu gangguan yang sering muncul adalah preeklamsia atau biasa disebut dengan keracunan kehamilan.  Lantas apa itu preeklamsia dan apa penyebab serta cara yang tepat untuk menghindari hal tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

blogcuturk-preeklamsia

Apa Itu Preeklamsia

Preeklamsia atau bisa juga disebut dengan eklamsia merupakan suatu komplikasi yang sering muncul ketika usai kandungan menginjak 20 minggu atau lebih. Tanda awal komplikasi ini adalah naiknya tekanan darah pada ibu hamil, bisa secara berkala atau tiba-tiba terjadi atau mendadak. Meskipun begitu, tidak semua orang yang mengalami preeklamsia diawali gejala ini.

Gejala

Tanda lain yang bisa disebut sebagai gejala awal yang mengarah pada gangguan preeklamsia adalah terjadinya kerusakan pada beberapa organ tubuh seperti kerusakan hati atau ginjal. Dari kedua organ tersebut, maka ginjal-lah yang lebih sering mengalami kerusakan.

Organ ini akan mengalami gangguan dalam menjalankan tuganya menyaring protein, sehingga protein akan larut ke dalam urine yang dikeluarkan. Selain itu, ketika beberapa bagian tubuh seperti tangan, pergelangan kaki atau wajah Anda mengalami pembengkakan, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui diagnosa secara jelas.

Pembengkakan yang terjadi ini dinamakan pitting edema. Pada kasus ini, maka bagian yang bengkak ketika ditekan akan memakan waktu yang cukup lama untuk kembali ke bentuk sebelumnya.

Selain itu, gejala lain yang bisa muncul sebagai tanda awal adalah gangguan penglihatan. Hal ini bisa saja berupa mata buram, mata lebih sensitive terhadap cahaya, melihat kilatan cahaya atau terdapatnya bintik hitam ketika Anda melihat suatu benda. Kondisi ini bisa terjadi akibat dari iritasi pada sistem syaraf pusat atau pembengkakan pada area otak.

Penyebab

Hingga saat ini, para ahli belum menemukan secara pasti sebab dari terjadinya preeklamsia. Namun terdapat diagnosa sementara yang menyatakan bahwa komplikasi ini diawali dengan terjadinya gangguan pada tali pusar atau plasenta. Sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah dan berakibat pada berkurangnya jumlah darah yang dialirkan.

Pengobatan dan Pencegahan

Untuk pengobatan, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ritun dengan dokter kandungan. Apabila terdapat kemungkianan meningkatnya tekanan darah, maka Anda akan diberikan aspirin dengan dosis rendah oleh dokter untuk meredakan gejala awal penyebab preeklamsia tersebut.

Di samping itu, Anda akan disarankan untuk memperbanyak asupan bahan makanan yang tinggi kalsium untuk mencegah risiko terjadinya komplikasi ini. Meski begitu Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi suplemen dan vitamin penambah kalsium tanpa sepengetahuan dokter karena itu bisa berdampak buruk pada kesehatan janin dan ibu hamil.

Setelah mengetahui apa itu preeklamsia dan penyebab serta jenis pencegahannya, jangan lupa untuk selalu waspada dan memeriksakan diri secara berkala dengan dokter kandungan. Untuk informsai menarik lainnya seputar kehamilan dan tips parenting, Anda bisa mengunjungi oram.co.id.

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *