Rekomendasi menu MPASI
Family

Mengenali MPASI Sebelum Memulai Pada Si Kecil

Blog Cuturk – Memperkenalkan bayi anda pada makanan padat, kadang-kadang disebut makanan pendamping ASI (MPASI) atau penyapihan, harus dimulai saat bayi anda berusia sekitar 6 bulan. Pada awalnya, berapa banyak makan bayi anda kurang penting daripada membiasakan mereka dengan gagasan makan. Mereka masih akan mendapatkan sebagian besar energi dan nutrisi mereka dari ASI atau susu formula bayi. Memberi bayi anda berbagai makanan, di samping ASI atau susu formula, dari sekitar 6 bulan akan membantu mengatur anak anda untuk makan sehat seumur hidup. Secara bertahap, anda akan bisa menambah jumlah dan variasi makanan yang dimakan sikecil sampai mereka bisa makan makanan yang sama seperti anggota keluarga lainnya, dalam porsi yang lebih kecil.

Rekomendasi menu MPASI

Kenapa menunggu sampai sekitar 6 bulan untuk MPASI?

ASI atau susu formula bayi pertama menyediakan energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi anda sampai mereka berusia sekitar 6 bulan (dengan pengecualian vitamin D dalam beberapa kasus). Jika anda menyusui, hanya memberi ASI hingga usia 6 bulan akan membantu melindungi bayi anda dari penyakit dan infeksi. Menunggu sampai sekitar 6 bulan memberikan waktu untuk si kecil berkembang sehingga mereka dapat mengatasi makanan padat sepenuhnya. Ini termasuk makanan padat yang dibuat menjadi pure, sereal, dan nasi bayi yang ditambahkan ke susu. Bayi Anda akan lebih baik dalam menggerakkan makanan di sekitar mulutnya, mengunyah dan menelannya. Ini mungkin berarti mereka akan dapat berkembang ke berbagai selera dan tekstur (seperti makanan tumbuk, kental dan fingerfood) lebih cepat, dan mungkin tidak membutuhkan makanan yang halus dan dicampur sama sekali. Jika bayi anda lahir prematur, sebaiknya kalian tanyakan kepada dokter anak atau dokter umum tentang kapan mulai memperkenalkan makanan padat untuk bayi anda.

Tanda-tanda bayi anda siap untuk makanan padat

Ada 3 tanda yang jelas, yang, ketika mereka muncul bersama dari sekitar 6 bulan, menunjukkan bayi anda siap untuk makanan padat pertama mereka bersama ASI atau susu formula bayi pertama. Mereka akan dapat:

  • tetap dalam posisi duduk dan kepala dapat tegak dengan mantap
  • mengkoordinasikan mata, tangan, dan mulut mereka sehingga mereka dapat melihat makanan, mengambilnya dan memasukkannya ke mulut sendiri
  • telan makanan (daripada meludahkannya kembali)

Perilaku berikut dapat disalahartikan oleh orang tua sebagai tanda bahwa bayi mereka siap untuk makanan padat:

  • mengunyah tangan mereka
  • bangun di malam hari (lebih dari biasanya)
  • menginginkan susu tambahan

Ini semua adalah perilaku normal untuk bayi dan belum tentu merupakan tanda bahwa mereka lapar atau siap untuk memulai makanan padat. Memulai makanan padat tidak akan membuat bayi anda lebih mudah tidur sepanjang malam. Terkadang sedikit susu tambahan akan membantu sampai mereka siap untuk makanan padat.

Rekomendasi menu MPASI

puree jagung manis dan bayam

Bahan-bahan yang digunakan:

  • satu buah jagung dengan ukuran sedang
  • daun bayam 15 lembar
  • air matang

Cara membuat :

bersihkan jagung dan bayam sebelum dimasak. Kemudian rebus jagung sampai matang dan embuk, kemusian serut. Masukan bayam pada air mendidih. Masak hingga matan. Masukan bayam dan jagung kedalam belender kemudian tambahkan 5 sendok makan air matang. Kemudian blendek. Setelah di blender, saring sampai tidak ada lagi serat-serat kasar.

Itulah salah satu menu MPASI yang kami rekomendasikan, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian!

Author Image
admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *